Profil Biodata Gayatri Wailissa Remaja Kuasai 11 Bahasa


Profil Biodata Gayatri Wailissa - Gadis ini Terlahir dari keluarga sederhana bukan menjadi halangan bagi Gayatri. Keterbatasan materi keluarga tak membuatnya patah semangat. Dia terus menggali segala kemampuan yang ada dalam dirinya. Salah satu mimpi Gayatri adalah menjadi seorang diplomat termuda di Indonesia. Siswi kelas 2 SMA Siwalima Maluku tersebut, selain berprestasi dalam bidang akademik, juga mampu menguasai 11 bahasa asing dengan baik dan fasih. Mulai dari  bahasa Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Mandarin, Arab, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, hingga bahasa India. Saat ini ia tengah belajar Bahasa Rusia dan Tagalog. Kemampuan linguistiknya tersebut diperoleh Gayatri bukan dengan kursus. Ia hanya belajar melalui lagu, film dan buku-buku secara otodidak.



Gayatri mulai mendunia kala berhasil masuk seleksi untuk menjadi duta anak, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Dari situ, dia mengikuti seleksi kepribadian hingga kemampuan intelektual. Dia lantas masuk 10 besar dari ribuan siswa yang ikut seleksi sebelum terpilih mengikuti seleksi mewakili Indonesia menjadi Duta ASEAN untuk anak tahun 2012-2013. Gayatri, kemudian terpilih mewakili Indonesia ke tingkat Asean dan mengikuti pertemuan anak di Thailand dalam Convention on the Right of the Child (CRC) atau Konvensi Hak-Hak Anak tingkat ASEAN.

Menurut Gayatri, kesuksesannya menjadi duta ASEAN tidak lepas dari doa dan dorongan kedua orangtuanya. Dia mengakui, selama ini hanya Wakil Gubernur Maluku yang membantunya saat mewakili Indonesia di Thailand. ''Secara nasional, orang mengenal saya sebagai Duta ASEAN untuk anak asal Maluku, dan saya bangga karena saya terlahir sebagai putri Maluku, tapi di tempat kelahiran saya sendiri, saya tidak dihargai, semua upaya saya untuk mengharumkan nama Maluku sama sekali tidak berarti, saya terus bertanya mengapa saya diperlakukan seperti ini?'' tanya Gayatri.

Prestasi Gayatri:
- Juara 1 Kompetisi Cerita rakyat 2006 
- Juara Bertutur Kanak-kanak 2007 
- Juara 2 Lomba CERPEN Nasional 2008 
- Juara 1 dalam lomba cipta puisi 2009 
- Juara 3 Lomba Baca Puisi Provinsi 2009 
- Juara 1 debat konsep pembangunan daerah 2010 
- Juara 2 karya tarian kreasi baru 2010 
- Juara Peragaan Busana Fashion Putri Daerah 2011 
- Nominasi 3 besar Icon Busana Nasional 2011 
- Juara 1 lomba Pidato dalam hari Anak Nasional 2011 
- Juara 2 lomba karyai ilmiah Sains Terapan 2012 
- Juara Medali Perunggu Olimpiade SAINS Astronomi 2012 
- Juara karya tulis Sastra Nasional 2012
- Juara 1 Lomba Pidato Remaja Hari Kebangkitan Nasional 2012 
- Juara esay Nasional "Hari Perdamaian Dunia" 2012 Kegiatan 

Organisasi/Kegiatan: 
- Pimpinan Redaksi Majalah Anak (Suara Anak Maluku) 
- Pengurus Forum Anak Maluku 
- Ketua Forum Perdamaian (KAPATA DAMAI)
- Penerjemah Bahasa 
- Pramuwisata 
- Penulis Sastra (Puisi, Prosa, Novel) 
- Instruktur Klub Teater 
- Penyiar Radio Swasta-Siaran Anak 
- Reporter/Presenter/Host - Icon Clip Flim Documenter